TUGAS 9 PENELITIAN PENDIDIKAN

Nama
Nur Hidayatullah
NIM
E1B115052
E-Mail
No-Hp
085338588357



Tugas 9
PENELITIAN PENDIDIKAN
(Jumat, 18 Mei  2018)

1.      PENGERTIAN PENELITIAN EKSPERIMEN
Penelitian eksperimen atau eksperimental adalah penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lain dengan kontrol yang ketat (Sedarmayanti dan Syarifudin, 2002:33). Menurut Yatim Riyanto (dalam Zuriah, 2006: 57) penelitian eksperimen merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan teliti di dalam melakukan kontrol terhadap kondisi.Sugiyono (2012:109) menambahkan penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan.
2.       KARAKTERISTIK PENELITIAN EKSPERIMEN
Suatu metode penelitian eksperimen memiliki beberapa karakteristik khusus dalam pelaksanaan yang membedakan dengan metode penelitian lainnya. Mc Millan dan Schumacher (2010, 258-259) menyatakan bahwa terdapat enam karakteristik metode penelitian eksperimen, yaitu:
a.       Hipotesis dibangun dari teori (konstruk)
Pada penelitian eksperimen terdapat hipotesis yang dibangun berdasarkan teori yang relevan dengan masalah penelitian. Konstruk hipotesis menjelaskan sebab dan akibat penelitian dan mendukung  indikasi yang jelas tentang generalisasi penelitian. Hipotesis yang dinyatakan dengan spesifik mengakibatkan rentang hasil dapat dibatasi dan faktor peubah lain yang mempengaruhi penelitian dapat dikurangi.
b.      Kesetaraan statistik antar kelas perlakuan dan kelas control
Penelitian eksperimen mengharuskan kesetaraan individu dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen (kelas perlakuan). Hal ini diperlukan untuk mengatur variabel-variabel yang mungkin menyebabkan kesimpulan penelitian menjadi tidak valid. Selain itu, pemilihan sampel secara acak ataupun tidak acak juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Implemetasi pemilihan sampel secara acak dilakukan jika  perlakuan tidak dapat dilakukan pada semua subjek dalam waktu yang bersamaan.
c.       Semua variabel kontrol dan variabel terikat diaplikasikan terhadap subjek secara merata
Pada penelitian eksperimen, peneliti mengontrol perlakuan atau melakukan manipulasi searah. Manipulasi memberikan arti bahwa peneliti mengontrol perlakuan spesifik, treatment, atau kondisi setiap kelompok. variabel bebas inilah yang menjadi karakteristik dalam penelitian eksperimen. Dalam penelitian pendidikan terdapat beberapa variabel yang dapat dimanipulasi dan tidak dapat dimanipulasi. Variabel bebas yang dapat dimanipulasi contohnya metode pengajaran dan ukuran besar kelompok tetapi variabel yang tidak dapat dimanipulasi contohnya jenis kelamin dan status sosial. Menurut Gay (1981, 209-2010), walaupun desain penelitianeksperimen dapat mencakup beberapa variabel yang ditentukan, setidaknya satu variabel harus dimanipulasi.
d.      Setiap variabel bebas dan terikat dapat di ukur
Salah satu syarat yang harus dimiliki variabel dalam penelitian eksperimen yaitu setiap variabel dapat diukur baik variabel bebas maupun variabel terikat. Jika penelitian telah dilaksanakan tetapi ditemukan data yang tidak dapat diukur atau tidak bersifat kuantitatif maka penelitian tersebut
e.       Penelitian menggunakan statistik inferensial
Penelitian eksperimen menggunakan menggunakan statistik inferensial untuk membuat pernyatan kemungkinan tentang hasil penelitian. Terdapat dua alasan penggunaan statistik inferensial, yaitu : (1) karena pengukuran dalam penelitian pendidikan tidak sempurna (banyak dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar variabel bebas); dan (2) karena dilakukan generalisasi hasil
f.       Seluruh variabel penelitian dapat dikontrol
Pada penelitian eksperimen terdapat variabel-variabel luar (extraneous) selain variabel bebas dan variabel terikat. Hal perlu dilakukan dalam penelitian adalah mengontrol variabel extraneous dan memastikan bahwa variabel tersebut tidak mempengaruhi variabel terikat atau menjaga agar memiliki pengaruh yang sama pada semua group.

3.      CONTOH LAPORAN PENELITIAN

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhU8BMoDcRT5i1iT6RGGvrVrIDezO5XB7gWHyL0zvds_H04sZHS2BbdE0YE4xQRv4NaQCIsRic7acEhJrSAQ2mLb_qKOaqxBv91WFrl8Th1eJrg1gb2ARhdkAh6RdkOi3u4YT7RjlaI6J7T/s1600/Untitled33.png




Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1 (pengertian, rasionalisasi, tujuan, fungsi, proses, dan beberapa keterbatasan dalam penelitian pendidikan)

TUGAS 8 PEELITIAN PENDIDIKAN

TUGAS 4 (pengertian, jenis, dan contoh desain penelitian campuran)